Tulisan jalan

burung

animasi blog

KULIAH

Mata Kuliah : EVALUASI PEMBELAJARAN


RINCIAN MATERI PERKULIAHAN TIAP PERTEMUAN
1.       Perencanaan perkuliahan / komitmen.
2.       Konsep dasar evaluasi pembelajaran.
3.       Proses dan teknik-teknik penilaian hasil belajar dalam kegiatan evaluasi.
4.       Teknik pengumpulan data berbentuk tes dan nontes dalam proses evaluasi.
5.       Mengembangkan instrumen penilaian tes tertulis .
6.       Mengembangkan instrumen penilaian nontes (pengamatan, wawancara, angket, dan penilaian unjuk kerja).
7.       Mengembangkan instrumen penilaian nontes (penilaian sikap, penilaian diri, dan penilaian portopolio).
8.       Pengolahan hasil evaluasi pembelajaran.
9.       UTS
10.   Analisis instrumen pengumpulan data (validitas instrumen).
11.   Analisis instrumen pengumpulan data (reliabilitas instrumen).
12.   Analisis instrumen pengumpulan data (tingkat kesukaran dan daya beda).
13.   Pelaksanaan evaluasi.
14.   Laporan hasil evaluasi.
15.   Tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran.
16.   UAS

Referenci

1.       Arikunto, Suharsimi. (2000), Dasar-Dasar Evaluasi.  Jakarta: Bumi Aksara.
2.       Bambang, B.W. dan Tumardi. (2003), Evaluasi Pembelajaran.  Malang: FIP Uversitas Negeri Malang.
3.       Depdiknas. Dirjen Dikdasmen. (2003), Evaluasi Pembelajaran.  Jakarta: Depdiknas.
4.       Depag. (2003), Standar Penilaian di Kelas.  Jakarta: Depag.
5.       Djiwandono, M, Sumardi. (1996), Tes Bahasa Dalam Pengajaran.  Bandung: ITB.
6.       Fajar, Arnie. (2005), Portopolio dalam Pembelajaran.  Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
7.       Joni, T, Raka. (1984), Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Malang:  YP2LM.
8.       Kasbolah Kasihani, dan Ali Saukah. (1993), Validitas dan Reliabilitas Instrumen.  Malang: IKIP Malang.
9.       Majid, Abdul. (2005), Perencanaan Pembelajaran.  Bandung:  PT. Remaja Rosda Karya.
10.   Mardapi, Jemari. (2008), Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta : Mitra Cendikia.
11.   Marsijo, lgn. (1995), Penilaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.
12.   Muhajir, Noeng. (2005), Metodologi Penelitian Kulitatif. Yogyakarta : Rakesarasin.
13.   Nasar. (2006), Merancang Pembelajaran Aktif dan Kontektual.  Jakarta : Grasindo.
14.   Nurkancana, Wayan. (1986), Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.
15.   Purwati, Endang. (2008), Asismen Pembelajaran SD. Jakarta : Dijen Depdiknas.
16.   Purwanto, Ngalim. (1984), Prinsip-prinsip  dan Teknik Evaluasi. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
17.   Slameto,.(2001), Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bina Aksara.
18.   Sudiyono, Anas. (2006), Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo.
19.   Suryabrata, S. (2000), Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta : ADI.
20.   Thaha, M, Chabib. (1991), Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar