RINCIAN
MATERI PERKULIAHAN TIAP PERTEMUAN
1.
Perencanaan perkuliahan / komitmen.
2.
Konsep dasar evaluasi pembelajaran.
3.
Proses dan teknik-teknik penilaian hasil belajar dalam kegiatan
evaluasi.
4.
Teknik pengumpulan data berbentuk tes dan nontes dalam proses evaluasi.
5.
Mengembangkan instrumen penilaian tes tertulis .
6.
Mengembangkan instrumen penilaian nontes (pengamatan, wawancara, angket,
dan penilaian unjuk kerja).
7.
Mengembangkan instrumen penilaian nontes (penilaian sikap, penilaian
diri, dan penilaian portopolio).
8.
Pengolahan hasil evaluasi pembelajaran.
9.
UTS
10. Analisis
instrumen pengumpulan data (validitas instrumen).
11. Analisis
instrumen pengumpulan data (reliabilitas instrumen).
12. Analisis
instrumen pengumpulan data (tingkat kesukaran dan daya beda).
13. Pelaksanaan
evaluasi.
14. Laporan
hasil evaluasi.
15. Tindak
lanjut hasil evaluasi pembelajaran.
16. UAS
Referenci
1. Arikunto,
Suharsimi. (2000), Dasar-Dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara.
2. Bambang,
B.W. dan Tumardi. (2003), Evaluasi Pembelajaran. Malang: FIP
Uversitas Negeri Malang.
3. Depdiknas.
Dirjen Dikdasmen. (2003), Evaluasi Pembelajaran. Jakarta:
Depdiknas.
4. Depag.
(2003), Standar Penilaian di Kelas. Jakarta: Depag.
5. Djiwandono,
M, Sumardi. (1996), Tes Bahasa Dalam Pengajaran. Bandung: ITB.
6. Fajar,
Arnie. (2005), Portopolio dalam Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja
Rosda Karya.
7. Joni, T,
Raka. (1984), Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Malang: YP2LM.
8. Kasbolah
Kasihani, dan Ali Saukah. (1993), Validitas dan Reliabilitas Instrumen.
Malang: IKIP Malang.
9. Majid,
Abdul. (2005), Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja
Rosda Karya.
10. Mardapi, Jemari. (2008), Teknik
Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta : Mitra Cendikia.
11. Marsijo, lgn. (1995), Penilaian
Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.
12. Muhajir, Noeng. (2005), Metodologi
Penelitian Kulitatif. Yogyakarta : Rakesarasin.
13. Nasar. (2006), Merancang
Pembelajaran Aktif dan Kontektual. Jakarta : Grasindo.
14. Nurkancana, Wayan. (1986), Evaluasi
Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.
15. Purwati, Endang. (2008), Asismen
Pembelajaran SD. Jakarta : Dijen Depdiknas.
16. Purwanto, Ngalim. (1984), Prinsip-prinsip
dan Teknik Evaluasi. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
17. Slameto,.(2001), Evaluasi
Pendidikan. Jakarta : Bina Aksara.
18. Sudiyono, Anas. (2006), Pengantar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo.
19. Suryabrata, S. (2000), Pengembangan
Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta : ADI.
20. Thaha, M, Chabib. (1991), Teknik
Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar