Tulisan jalan

burung

animasi blog

Kamis, 12 September 2013

KEMATIAN

Orang tidak akan pernah bisa menyangka kapan kematian itu tiba.

Islam mengajarkan beberapa hal tentang penderitaan dan kematian:
  • Kematian adalah kepastian, dan tidak ada yang bisa menghalangi datangnya saat itu. QS An-Nisa (4:78) menyebutkan: Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh…. Kita tidak bisa melarikan diri darinya karena dia yang akan mendatangi kita: Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu.QS Al Jumuah (62:8).
  • Musibah adalah bagian dari takdir, karenanya manusia harus menyerahkan semuanya kembali pada Sang Khalik. QS Al Baqarah (2:156): orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun“. Sebenarnya, kalimat yang bermakna semua yang berasal dariNya akan kembali padaNya ini tidak hanya untuk mengikhlaskan kematian, tetapi juga bila kita sendiri tertimpa bencana.
  • Manusia harus meyakini bahwa semua kejadian di dunia termasuk musibah datangnya dari Allah SWT. QS At-Taghaabuun (64:11): Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar